Oleh : Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc

Ada hal-hal yang dianggap riya’ dan syirik padahal tidak termasuk kedalamnya, apakah itu?

1. Pujian manusia terhadap seseorang atas perbuatan baiknya.
Dari abu dzar radhiyallahu ‘anhu berkata “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah ditanya tentang seseorang yang melakukan perbuatan baik dan manusia memujinya maka Rasulullah bersabda “itu adalah berita gembira bagi seorang mu’min yang disegerakan” (HR Muslim).
2. Seseorang yang rajin beribadah ketika bersama orang shaleh.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda “Sesungguhnya srigala (syaithon) itu memangsa kambing yang memisahkan diri dari rombongannya”
3. Membaguskan pakaian dan sandal dan semacamnya.
Rasulullah pernah ditanya (dlm hadits tentang sombong) : Bagaimana kalau ada seseorang yang menyukai jika pakaiannya bagus dan sandalnya bagus? Beliau bersabda “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan, sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia” (HR Muslim).
4. Tidak menyebarluaskan kesalahan/dosa dan menyembunyikannya.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda “Setiap umatku diampuni kecuali yang menampakkan dosanya”(HR Bukhori dan Muslim)
5. Terkenalnya seseorang tanpa keinginannya.
Dalilnya: masuk kedalam keumuman hadits pada point 1.
6. Seseorang mengerjakan amal shaleh karena takut dari adzab Allah dan mengharapkan ni’mat Allah.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda “Barangsiapa yang berpuasa karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah maka akan diampuni dosanya yang telah lalu” (HR Bukhori & Muslim).

 sumber : http://www.salam dakwah.com